Rencana Implementasi Standar Harga Kamar Hotel oleh PHRI Bali

Post

2 comments   |   Bali Update

hotels.balisatu.com

Hotel Bali

sumber foto : images.google.com

Terjadinya perang tarif dan banting harga antar hotel di Bali tampaknya menarik perhatian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali untuk segera turun tangan yang ditunjukkan dengan adanya rencana implementasi standar harga kamar hotel oleh pihak PHRI.

Menurut keterangan Ketua PHRI Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati pada keterangannya di Renon, Kamis (9/2), beliau mengakui banyak hotel yang masih menjual harga kamar hotel dibawah standar atau sangat rendah akibat persaingan yang semakin ketat. Menurut beliau lebih lanjut, hal ini bisa dilihat dari contoh nyata di lapangan dimana banyak hotel bintang lima yang menjual kamar dengan harga di bawah satu juta rupiah, padahal harga seharusnya diatas dua juta rupiah perkamar permalam.

“Ini harganya kebanyakan dirahasiakan, kalau yang diumumkan kebanyakan harganya bagus-bagus, tetapi berbicara fakta masih banyak dibawah satu juta, kita tidak bisa lagi mengacu pada banyaknya pariwisata yang datang ke Bali, infrastruktur kita tidak mampu,” ujar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Beliau melanjutkan jika standar harga kamar hotel jadi diimplementasikan maka akan dibarengi oleh pemberlakuan sanksi bagi pihak hotel yang melanggar. Menurut Tjok Sukawati sanksi dapat berupa penurunan klasifikasi hotel. Pihak PHRI sebelumnya memperkirakan jumlah kamar hotel di Bali mencapai sekitar 55.000 kamar dimana jumlah itu diprediksikan akan terus bertambah seiring bertambahnya hotel, wisma wisata, villa serta penginapan yang dibangun di Bali.

Walaupun begitu, menurut Balisatu Holidays rencana implementasi standar harga kamar hotel oleh pihak PHRI Bali akan banyak mendapatkan kendala melihat banyak aspek yang musti diperhatikan disamping persaingan yang terus melaju semakin ketat, pihak PHRI harus menyadari bahwa pariwisata adalah sebuah ilmu terapan yang mengacu pada situasi dan kondisi dimana dia berada, bukan ilmu pasti yang selalu pasti dimana pun lokasinya.

Disamping itu, implementasi standar harga kamar hotel yang berlebihan bisa menjadi momok bagi para biro perjalanan wisata atau travel agent karena dapat mempengaruhi nilai penjualan paket tour dan menurunnya para pelancong yang datang ke Bali sehingga beralih menuju objek wisata pilihan lainnya di luar pulau Bali.

(artikel dikutip dari berbagai sumber)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar


Fatal error: Call to undefined function wp_is_mobile() in /home/balisatu/public_html/wp-content/plugins/screets-chat/screets-chat.php on line 340