Pesona Terpendam Air Terjun Carat

Post

1 comment   |   Bali Update, Objek Wisata

hotels.balisatu.com

air terjun carat

sumber images : images.google.com

Air terjun Carat memiliki pesona terpendam sebagai objek wisata potensial yang dapat dikembangkan lebih jauh. Air terjun Carat terletak di wilayah Dusun Carat, Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Kata “carat” sendiri memiliki arti wadah air minum, karena bentuk air terjun yang mirip seperti kendi yang biasa digunakan sebagai wadah air minum oleh orang-orang jaman dulu.

Untuk mencapai air terjun berketinggian 15 meter itu dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari ibu kota Kecamatan Kubutambahan dengan melewati jembatan yang terbuat dari anyaman bambu sehingga sudah pasti tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Para pengunjung juga harus menelusuri jalan sepatak yang terjal dan berliku di antara tanaman cengkih dan kopi serta pipa-pipa yang menjurus ke rumah-rumah warga.

Perjalanan tersebut tidak begitu melelahkan karena kicauan burung yang saling bersahutan menjadi hiburan tersendiri. Tak jarang juga di perkebunan tersebut terdapat sekerumunan monyet yang kadang-kadang mengajak bercanda pengunjung.

Air Terjun Carat terdapat dua pancuran. Yang satu tingginya mencapai 15 meter, sedangkan yang lain hanya empat meter. Keduanya sama-sama memesona dan kesejukannya dapat dinikmati siapa saja.

Kini, air terjun Carat direncakan akan disulap menjadi objek wisata petualangan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng sudah menyusun program pengembangan dengan menggandeng warga setempat. Salah seorang warga Desa Tamblang, Ketut Suparsa, termasuk warga yang punya keinginan besar untuk mengembangkan air terjun itu untuk dijadikan sebagai objek petualangan di alam terbuka.

Dengan banyaknya pesona terpendam yang ada, air terjun Carat sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut apalagi kawasan sekitar air terjun itu seperti sungai dan kawasan perkebunan sangat mendukung pengembangan kawasan air terjun Carat sebagai objek wisata petualangan. “Sebagai warga asli Desa Tamblang, saya hanya ingin meningkatkan daerah saya dengan mengembangkan potensi yang sudah ada seperti air terjun Carat ini. Semoga ide ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam rangka mewujudkan Desa Tamblang yang berkembang seiiring perkembangan zaman saat ini,” kata Ketut Suparsa.

Niat mulia warga yang pernah bekerja di PT. Telkom itu didukung sepenuhnya oleh Dinas Kebudayaan dan Periwisata Buleleng. Hal ini diamini oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Ketut Warkadea beserta Perbekel Desa Tamblang, Nengah Sudarsana yang menyatakan sangat setuju dengan pengembangan air terjun itu untuk dijadikan sebagai wahana petualangan di alam terbuka.

“Ide untuk mengembangkan kawasan air terjun Carat menjadi salah satu destinasi wisata di Buleleng Timur sangatlah sejalan dengan harapan pemerintah. Kami selaku perwakilan pemerintah daerah akan mengupayakan hal tersebut agar dapat terealisasi dengan baik,” kata Warkadea.

Lebih lanjut, Perbekel Sudarsana menambahkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi adanya keinginan warga lokal untuk mengembangkan secara swadaya objek wisata air terjun yang masih alami tersebut. “Dengan dikembangkannya kawasan air terjun Carat ini yang melibatkan warga lokal, diharapkan akan membawa pengaruh positif kepada warga kami seperti bertambahnya lapangan pekerjaan,” tutupnya.

(artikel disadur dari Bali Post dan Antaranews)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar


Fatal error: Call to undefined function wp_is_mobile() in /home/balisatu/public_html/wp-content/plugins/screets-chat/screets-chat.php on line 340