Pesona Objek Wisata Budaya Desa Penglipuran

Post

1 comment   |   Objek Wisata

hotels.balisatu.com

Desa Penglipuran

sumber foto : images.google.com

Desa Penglipuran merupakan sebuah objek wisata di Bali yang terkenal dengan budaya, keteraturan dan arsitekturnya yang khas. Desa adat Penglipuran berada di bawah administrasi Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, yang berjarak 45 km dari kota Denpasar. Letaknya berada di daerah dataran tinggi di sekitar kaki Gunung Batur. Berdasarkan data tahun 2001 yang dihimpun pemerintah, Desa Adat Penglipuran memiliki luas wilayah sekitar 1,12 Ha.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kata “Penglipuran” dipercaya berasal dari kata Pengeling Pura yang memiliki arti tempat yang suci untuk mengingat para leluhur. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani, namun kini mereka mulai beralih menjadi membuka industri usaha kecil dan kerajinan rumah tangga seperti anyaman bambu. Hal ini dikarenakan selain memiliki potensi desa sebagai sebuah objek wisata, desa ini juga memiliki hutan bambu yang juga terkenal sebagai sebuah objek agrowisata.

Desa yang pernah mendapat penghargaan Kalpataru ini tampak begitu asri. Keistimewaan desa ini adalah memiliki tatanan struktur desa tradisional yang teratur dengan banyak ruang terbuka dan taman-taman yang indah sehingga membuat pengunjung merasakan nuansa Bali seperti dahulu kala.

Penataan fisik dan struktur desa tersebut tidak lepas dari budaya yang dipegang teguh oleh masyarakat Adat Penglipuran dan budaya masyarakatnya juga sudah berlaku turun temurun.

Keunggulan lainnya Desa Penglipuran ini dibandingkan dengan desa-desa lainnya di Bali adalah, keseragaman bagian depan rumah dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa.

Desa tersusun sedemikian rapinya yang mana daerah utamanya terletak lebih tinggi dan semakin menurun sampai ke daerah hilir. Selain bentuk depan yang sama, adanya juga keseragaman bentuk dari bahan untuk membuat rumah tersebut. Seperti bahan tanah untuk tembok dan untuk bagian atap terbuat dari bambu untuk bangunan diseluruh desa. Areal pemukiman serta jalan utama desa adat penglipuran adalah areal bebas kendaraan terutama roda empat. Keadaan ini,  semakin memberikan kesan nyaman bagi para wisatawan yang datang.

Desa Penglipuran telah lama menjadi sebuah objek wisata budaya di Bali yang hingga kini masih terus dilestarikan. Balisatu Holidays dapat memfasilitasi wisatawan asing maupun dalam negri yang ingin menikmati nuansa Desa Penglipuran dalam berbagai paket tour yang bisa disesuaikan dengan keinginan wisatawan.

(artikel dikutip dari berbagai sumber)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar