Penawaran Tarif Hotel Bintang Harus Konsekuen

Post

1 comment   |   Bali Update

hotels.balisatu.com

Hotel Berbintang Bali

sumber foto : images.google.com

Persaingan tarif atau penurunan tarif pada hotel berbintang berpotensi merusak tatanan tarif di hotel bintang maupun hotel melati. Sekretaris PHRI Bali, Perry Markus, Kamis (1/3) lalu mengatakan, hotel bintang diharapkan bisa konsekuen untuk menawarkan tarif sesuai dengan rate bintang.

Ia mengungkapkan, hotel bintang yang sudah diklasifikasikan dalam kelas-kelas seperti di hotel bintang I, II, III, IV dan bintang V mesti menawarkan fasilitas sesuai dengan klasifikasi hotel bintangnya. Selain itu, jika hotel menawarkan fasilitas hotel bintang maka tarif kamar yang ditawarkan mesti menggunakan rate hotel bintang.

Dijelaskan, ketika hotel bintang berani menawarkan tarif murah maka sebenarnya pengelola hotel bintang ini harus intropeksi diri. Wisatawan yang menggunakan fasilitas hotel akan bertanya mengapa manajemen hotel menawarkan tarif murah.

Dipaparkan, wisatawan akan membayarkan sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang mereka terima. Dengan menawarkan tarif murah, sebuah hotel bintang sebenarnya sudah bisa dikategorikan bukan hotel bintang.

Logikanya, ketika sudah menjual kamar dengan tarif murah sebenarnya hotel bintang sudah tidak bisa bersaing dalam tarif rate hotel bintang. “Kalau konsekuen bergerak di hotel bintang mesti menawarkan tarif hotel bintang,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, PHRI Bali tidak pernah mengatur atau memberikan sanksi kepada pengelola hotel yang mempermainkan atau menurunkan tarif kamar. Yang dilakukan PHRI hanya memberikan penjelasan kepada pengelola hotel agar tidak memberikan tarif murah. Dengan menawarkan tarif murah akan terjadi perang tarif. Ini akan merugikan seluruh pengelola hotel di Bali. Dengan praktik perang tarif, manajemen hotel akan kesulitan untuk menutupi biaya operasional hotel.

Menurutnya, ketika tarif kamar hotel bintang tiga menekan tarif kamar hotel bintang satu juga akan menekan tarif kamar hotel di bawahnya yaitu hotel melati. Ini berarti ketika terjadi penurunan tarif di hotel bintang maka akan menekan hotel melati dibawahnya untuk ikut melakukan penurunan tarif kamar. Hotel melati yang berada di bawah hotel bintang kesulitan mengangkat harga bahkan cenderung menurunkan tarif karena hotel bintang berani memberikan tarif kamar murah.

Ia melihat hotel melati di Bali memang lebih banyak dimiliki orang lokal. Kita berharap hotel melati ini bisa bersaing dengan hotel yang dimiliki pengusaha luar Bali. Ketika terjadi penekanan tarif kamar oleh hotel bintang, maka orang lokal yang mengelola hotel melati akan sangat mudah dilibas oleh investor dari luar yang sangat kuat. Pengusaha lokal sudah berinvestasi pada hotel melati sejak zaman dulu sehingga PHRI berharap pengelola hotel melati di Bali bisa tetap eksis mengelola hotel mereka.

Perry Markus menambahkan, sampai saat ini belum ada manajemen hotel yang mengurangi/memberhentikan karyawannya karena manajemen hotel melakukan praktik permainan atau penurunan tarif kamar. Yang terlihat hanya pemberhentian karyawan karena manajemen murni telah menutup usaha perhotelannya.

Menurut Balisatu Holidays, adanya permasalahan ini bukanlah salah pihak pengelola hotel bintang sepenuhnya, namun salah satu faktor yang mungkin menjadi akar permasalahan adalah jumlah hotel berbintang di Bali melampaui batas seharusnya. Sehingga antara permintaan dan penyediaan tidak seimbang.

Permainan tarif berdampak bukan saja pada pihak penyedia kamar dalam hal ini hotel, namun juga berimbas kepada biro perjalanan atau travel agent yang ada di Bali. Itu karena tarif kamar hotel akan memberikan dampak bagi harga paket tour yang travel agent tawarkan pada calon wisatawan yang akan berkunjung ke Bali. Belum lagi tarif masuk objek wisata di Bali yang rencananya akan dinaikkan, tentunya membuat Balisatu Holidays dan rekan-rekan travel agent lainnya di Bali harus berpikir untuk menyiasati keadaan ini.

(artikel dikutip dari Bisnis Bali)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar