Objek Wisata Pura Gunung Kawi Tampaksiring

Post

Comments   |   Objek Wisata

hotels.balisatu.com

gunungkawi

sumber foto : images.google.com

Gunung Kawi merupakan salah satu objek wisata yang termasuk kedalam wilayah kabupaten Gianyar yang terletak di daerah Tampaksiring, tidak jauh dari objek wisata Tirta Empul dan Istana Presiden Tampaksiring.

Kawasan objek wisata ini ditemukan pada tahun 1920 dimana peninggalan ini terus dijaga dan diperhatikan. Kawasan Gunung Kawi dibagi 2 oleh Sungai Pakerisan yang mengalir diantara kawasan wisata ini.

Ciri khas dari kawasan wisata ini adalah candi yang terukir pada tebing-tebing batu alam. Terdapat 5 buah candi di tebing sebelah timur dan 4 buah candi di tebing sebelah barat dan ruangan untuk bermeditasi.

Kawasan yang terbuka bagi wisatawan ini dapat diakses dengan mudah. Setelah melewati Gapura dan 315 anak tangga di pinggir sungai Pakerisan yaitu sebuah sungai yang memiliki nilai sejarah yang amat tinggi, kita akan menemukan kompleks Gunung Kawi.

Arti kata dari nama Gunung Kawi itu sendiri belum diketahui secara pasti asal mulanya, namun secara etimologi Gunung Kawi berasal dari kata Gunung dan Kawi. Dimana Gunung yang berarti daerah gunung atau pengunungan dan Kawi yang berarti pahatan, sehingga Gunung Kawi bisa diartikan sebagai pahatan yang terdapat di pegunungan atau padas karang.

Konon, di kawasan dimakamkan Raja Bali yang bernama Raja Anak Wungsu yang memerintah Bali dari tahun 1049 hingga tahun 1077. Abu jenazah beliau disemayamkan di salah satu candi yang terdapat di Gunung Kawi. Hal ini dikuatkan dengan tulisan yang terdapat di pintu masuk situs yaitu “Haji Lumah Ing Jalu” yang berarti “Sang Raja dimakamkan di Jalu”. Jalu sendiri sama dengan “susuh” dari ayam jantan yang bentuknya mirip dengan keris. Maka kata “Ing Jalu” bisa ditafsirkan sebagai petunjuk Kali Keris atau Pekerisan.

(dikutip dari berbagai sumber)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays


Komentar

komentar