“Ngusaba” di Pura Ulun Danu Batur Ciptakan Pesona Bagi Wisatawan

Post

1 comment   |   Bali Update, Objek Wisata

hotels.balisatu.com

Ngusaba Ulun Danu Batur

sumber foto : images.google.com

Pelaksanaan seluruh rangkaian upacara Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur Kintamani, bukan saja merupakan agenda rutin tahunan bagi umat Hindu di Bali, namun ternyata memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara untuk ikut menikmati suasana sakral dan religius.

Ini terbukti, hampir tiap hari ratusan wisatawan mancanegara menyempatkan diri untuk datang dan menyaksikan ribuan umat Hindu yang melakukan persembahyangan.

Bahkan ada diantara mereka yang ikut melakukan persembahyangan dan membaur dengan umat Hindu lainnya. Sayangnya, lantaran padatnya arus lalu lintas banyak diantara mereka yang mengaku sedikit terganggu, sebab umumnya mereka yang datang ke Kintamani hanya sekedar untuk makan siang.

Sejumlah pemandu wisata dari biro perjalanan wisata tidak menampik jika pelaksanaan ngusaba di Pura Ulun Danu Batur ini memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan. Oleh sebab itu, banyak diantara biro perjalanan wisata yang menjadikan suasana ngusaba di Ulun Danu Batur sebagai paket wisata sebelum para tamu makan siang si Penelokan.

Namun, kendala yang masih sering dihadapi adalah kemacetan lalu lintas menuju Pura Ulun Danu Batur. “Waktu kami memang sangat terbatas, oleh sebab itu jika suasana macet kami umumnya membatalkan rencana kunjungan ke pura, namun jika suasana memungkinkan kami tentunya menjadikan prosesi di Batur sebagai paket wisata menarik,” ungkap salah seorang pemandu.

Sejumlah warga Batur mengakui, daya tarik Pura Ulun Danu Batur bukan saja saat ngusaba, namun di hari-hari biasa saja banyak wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan pura ini. Pada saat piodalan seperti ngusaba, mereka memang dibebaskan dari retribusi. Umumnya wisatawan yang datang ke Pura Batur saat ngusaba ingin menyaksikan umat yang melakukan persembahyangan. Namun, tidak sedikit diantara mereka yang juga ingin melakukan persembahyangan tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada.

(artikel dikutip dari Bisnis Bali

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays

)

 



Komentar

komentar