Kuburan Trunyan, Salah Satu Destinasi Wisata di Kawasan Batur

Post

1 comment   |   Objek Wisata

hotels.balisatu.com

Kuburan Desa Trunyan

sumber foto : images.google.com

Kuburan Wayah yang berada di Desa Trunyan hingga saat ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Trunyan Kintamani selain tentunya Pura Dalem Pingit yang berada di pusat Desa Trunyan.

Menurut I Nengah Bona, tokoh Trunyan yang juga Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangli, daya tarik kuburan Trunyan selain karena prosesi penguburannya, juga adanya pohon besar yang ada di sekitar pekuburan. Selain itu keindahan panorama Gunung Batur dan Danau Batur selama perjalanan ke kuburan Trunyan juga memiliki daya tarik sendiri. “Banyak daya tarik yang sesungguhnya ditawarkan bagi wisatawan yang datang ke Trunyan, khususnya ke kuburan,” ungkap Bona dalam satu kesempatan.

Prosesi penguburan di Trunyan memang sangat unik. Jazad warga yang akan dikuburkan tidak dikuburkan dalam liang kubur sebagaimana prosesi penguburan di tempat lainnya. Jazad warga akan dibiarkan begitu saja di areal kuburan yang telah disediakan. Jazad hanya dipagari bambu yang dikenal dengan ancak. Kondisi inilah yang sangat diminati wisatawan yang datang ke kuburan Trunyan.

Yang juga tak kalah uniknya adalah, jazad yang dibiarkan telentang tersebut sama sekali tidak mengeluarkan aroma busuk sebagaimana bau jazad. Konon, penyebab jazad tersebut tak mengeluarkan bau busuk adalah adanya pohon besar yang berdiri kokoh di areal pekuburan. “Pohon besar yang diduga pohon menyan inilah yang dikatakan menjadi penyebab kenapa jazad tersebut tidak mengeluarkan bau,” ungkap sejumlah warga Trunyan.

Perjalanan ke desa Trunyan selain dapat menggunakan sarana boat, kini juga bisa menggunakan sarana angkutan darat berupa mobil. Namun sarana transportasi apapun yang digunakan untuk menuju Desa Trunyan, panorama alam sepanjang perjalanan juga memiliki daya tarik tersendiri. Keindahan Gunung Batur dan Danau Batur, serta hamparan perkebunan sayur dan kegiatan petani ikan di pinggir Danau Batur akan menjadi kenangan tersendiri bagi wisatawan.

Panorama kawasan wisata Kintamani ini memang telah terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan wisatawan mancanegara semakin bertambah dan geliat perekonomian di kawasan Kintamani khususnya rumah makan akan semakin kuat.

Desa Trunyan bukanlah perjalanan yang bisa dijadikan sebuah paket tour dengan objek wisata lainnya yang searah. Hal ini dikarenakan perjalanan menempuh lokasi yang memakan waktu cukup lama. Balisatu Holidays yang memiliki paket tour bali konvensional GIT & FIT dimana di dalamnya terdapat Kintamani Tour yang tidak mencantumkan Desa Trunyan sebagai objek wisata persinggahannya. Namun jika terdapat permintaan untuk dapat mengunjungi Desa Trunyan, tentunya kami dari Balisatu Holidays siap melayani.

(artikel dikutip dari Bisnis Bali)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar