Kenaikan Tarif Hotel Tak Pengaruhi Kunjungan Wisman

Post

Comments   |   Bali Update

hotels.balisatu.com

Tarif Hotel Bali

sumber foto : images.google.com

DPRD Bali memprediksi rencana Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menaikkan tarif kamar hotel tidak berpengaruh pesat terhadap kunjungan wisatawan mancanegara.

“Kami perkirakan tak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, khususnya ke Bali, karena kenaikan tarif kamar hotel kami nilai wajar seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM),” kata Sekretaris Komisi II DPRD Bali, Gede Kusuma Putra di Denpasar belum lama ini.

Menurut beliau, kenaikan tarif kamar yang direncanakan PHRI dalam upaya mengikuti biaya produksi lain. Dengan demikian tentu akan ada kenaikan, seperti kebutuhan untuk BBM maupun bahan makanan lainnya.

“Saya kira wisman tidak akan berpengaruh terhadap kenaikan tarif hotel 10 hingga 15 persen. Namun yang terpenting pelayanan terhadap turis juga lebih baik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua PHRI Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan belum dapat memastikan berapa persen tarif harga kamar hotel yang akan diberlakukan sebagai imbas terhadap rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). “Kami belum bisa memastikan berapa persentase kenaikan pastinya karena setiap hotel memiliki strategi sendiri-sendiri,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan harga kamar hotel dan sarana akomodasi lainnya bisa jadi tidak diberlakukan untuk semua.

“Dalam artian, untuk sarana tertentu mungkin ada yang dipertahankan sedangkan unit lainnya dinaikkan. Tetapi jika mengacu pada besaran inflasi, bisa saja kenaikan berkisar antara 10-15 persen,” ujarnya. Menurut beliau, akan sulit diberlakukan pada hotel yang sudah terlanjur mengadakan kontrak dengan agen-agen wisata.

“Kalau yang sudah kontrak tidak mungkin direvisi di tengah jalan. Kondisi ini bisa menimbulkan ketimpangan harga antara satu hotel dengan hotel lainnya,” katanya.

Permasalahan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menurut Balisatu Holidays bukan saja berimbas pada kenaikan tarif kamar hotel, namun hampir di semua sektor wisata yang ada seperti transportasi, tiket objek wisata, paket tour dan lainnya. Namun seperti yang dikatakan diatas, kenaikan tarif hotel sepertinya tidak akan mempengaruhi kunjungan wisman yang ingin berlibur ke Indonesia khususnya Bali.

(artikel dikutip dari Bisnis Bali)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar