Batur Diresmikan Menjadi Geopark Dunia

Post

1 comment   |   Bali Update, Objek Wisata

hotels.balisatu.com

batur_geopark

sumber foto : images.google.com

Akhirnya, Kaldera Batur diresmikan menjadi anggota Global Geopark Network (GGN) pada tanggal 16 – 17 November 2012 silam di Batur. Peresmian dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ir. Jero Wacik, SE didampingi Kepala Badan Geologi, Dr. R. Sukhyar. Peresmian ini diselenggarakan menyusul ditetapkannya oleh UNESCO pada The 11th European Geoparks Conference di Arouca, Portugal pada 20 September 2012.

Selain acara peresmian, Kepala Badan Geologi akan membuka International Workshop on Aspiring Geoparks of Indonesia di Museum Gunung Api Batur. Acara ini akan dihadiri oleh para ahli dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, dan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Salah satu agenda workshop adalah pemaparan mengenai beberapa kandidat geopark Indonesia yang akan diajukan ke UNESCO, yaitu Lombok Aspiring Geopark, Gunung Sewu, Toba, Merangin, dan Raja Ampat.

Dengan tergabungnya Batur, kini telah ada 91 lokasi geologi di berbagai belahan dunia yang tercatat UNESCO sebagai warisan bumi yang memiliki keunikan geologi, keragaman budaya, dan keragaman hayati yang perlu dilestarikan. Negara China memiliki jumlah terbanyak dengan 27 geopark. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara ketiga yang tergabung ke dalam GGN setelah Malaysia dan Vietnam.

Dengan tergabungnya Batur, kini telah ada 91 lokasi geologi di berbagai belahan dunia yang tercatat UNESCO sebagai warisan bumi yang memiliki keunikan geologi, keragaman budaya, dan keragaman hayati yang perlu dilestarikan. Negara China memiliki jumlah terbanyak dengan 27 geopark. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara ketiga yang tergabung ke dalam GGN setelah Malaysia dan Vietnam.

Kaldera Batur telah disiapkan untuk dapat bergabung dengan GGN sejak tahun 2009. Melalui beberapa tahapan akhirnya Batur terpilih menjadi Taman Bumi Global. Keberhasilan ini merupakan buah dari upaya berbagai pihak terutama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bangli, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebanyak 32 lokasi di Indonesia kini tengah disiapkan untuk ditetapkan menjadi warisan geologi Indonesia yang nantinya dapat diusulkan ke Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) menjadi Geopark Nasional untuk seterusnya dapat diajukan ke UNESCO menjadi anggota geopark GGN. Ke-32 lokasi itu adalah: Danau Laut Tawar (Nanggroe Aceh Darussalam), Danau Toba dan Pulau Samosir (Sumatra Utara), Formasi Mengkarang atau Jambi Flora dan Gunung Kerinci (Jambi); Lembah Harau, Danau Maninjau, Kota Tua Sawahlunto, dan Danau Singkarak (Sumatra Barat); Kompleks Krakatau–Selat Sunda (Lampung); Kompleks Batuan Tersier Citarik (Banten); Gunung Tangkubanparahu, Panas Bumi Kamojang, Gunung Papandayan, Kars Rajamandala, Cukang Taneuh (Jawa Barat); Kars Gunung Sewu, Kompleks Batuan Tersier Karang Sambung, Kars Karang Bolong, Kompleks Pra Tersier Perbukitan Jiwo (Jawa Tengah); Gunung Bromo (Jawa Timur), Gunung Rinjani, Gunung Api Purba Bawah Laut Kuta, Gunung Tambora (NTB); Gunung Kelimutu (NTT), Fosil Kayu Samarinda (Kalimantan Timur), Danau Sentarung (Kalimantan Barat), Kompleks Tondano (Sulawesi Utara), Kars Maros (Sulawesi Selatan), Kars Wawolesea dan Danau Napabale-Muna (Sulawesi Tenggara); Kars Rajaampat dan Gletser Pegunungan Tengah (Papua).

(artikel dikutip dari bgl.esdm.go.id)

Paket Tour dan Layanan Balisatu Holidays Travel Agent :

  1. Paket Tour Kunjungan Kerja Instansi Balisatu Holidays
  2. Paket Tour Bali Field Trip Balisatu Holidays
  3. Paket Tour Bali Konvensional GIT & FIT Balisatu Holidays
  4. Paket MICE Bali Balisatu Holidays
  5. Paket Outbound Bali Balisatu Holidays
  6. Paket Bulan Madu Honeymoon Balisatu Holidays
  7. Paket Spiritual dan Tour Tirta Yatra Balisatu Holidays
  8. Voucher Hotel Murah Balisatu Holidays
  9. Paket Transportasi Murah Balisatu Holidays



Komentar

komentar


Fatal error: Call to undefined function wp_is_mobile() in /home/balisatu/public_html/wp-content/plugins/screets-chat/screets-chat.php on line 340